Konvokasi Spesialis dan Inaugurasi Fellowship & SubSpesialis 2022

JAKARTA-ASMIHA; Diantara serangkaian acara Annual Scientific Meeting of The Indonesian Heart Association (Asmiha) ke 31 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) di Hotel Mulia Senayan Jakarta, terselip acara yang sangat penting artinya untuk perkembangan Organisasi dan Ilmu Kardiovaskular di Indonesia, yakni acara Konvokasi Spesialis dan Inaugurasi Fellowship & Subspesialis.

Bertindak sebagai Dais pada acara ini, 8 orang guru senior PP PERKI, antara lain:  

  • Dr. Anwar Santoso, SpJP(K) (mantan Ketua PP PERKI)
  • Dr. Oktavia Lilyasari, SpJP(K) (Sekjen PP PERKI)
  • Dr. Hananto Andriantoro, SpJP(K) (Ketua Dewan Etik PP PERKI)
  • Dr. Renan Sukmawan, SpJP(K) (Ketua Kolegium PP PERKI)
  • Dr. Radityo Prakoso, SpJP(K) (Ketua PP PERKI)
  • Dr. Anna Ulfah Rahajoe, SpJP(K) (mantan ketua PP PERKI)
  • Dr. Isman Firdaus, SpJP(K) (mantan ketua PP PERKI)
  • Dr. Ade Meidian Ambari, SpJP(K) (President Ellect PP PERKI)

Dalam kata sambutannya, Dr. Radityo Prakoso selaku Ketua Umum PP PERKI mengingatkan, bahwa masalah kardiovaskular masih menjadi masalah utama di Indonesia, masih menjadi nomor satu sejak beberapa dekade ini.

“Sampai hari ini SpJP sudah 1.610 termasuk para wisudawan yang akan dilantik”, ucap Dr. Radit. “Tetapi sebenarnya masih jauh dari target, target kita adalah satu spjp dalam 200.000, sekarang masih 1:100.000, ada beberapa tempat di Indonesia ini kerapatannya 1 banding 36.000 tapi ada tempat yang belum ada sama sekali SpJP”, tandasnya.

Lebih lanjut, Ketua PP PERKI memaparkan, “PERKI bekerjasama dengan Kemenkes menjawab masalah Distribusi Kesehatan ini dengan ‘Program Jejaring’nya untuk pemerataan spesialis jantung di Indonesia. Ini merupakan PR buat kita bersama”.

“Kedua adalah Kolaborasi, kita mesti kerja bareng2 untuk hasil yang paling baik. Baik sesama spesialis maupun dengan dokter umum dan spesialis lain, dan ketiga Komunikasi, kita mesti permisi kepada orang yang lebih senior di daerah itu, dan para seniorpun harus welcome kepada para yunior nya, sesuai dengan adat Timur kita”, ungkapnya.

“Hari ini bukanlah final destination tetapi awal dari karya kita semua”, begitu penegasan dari Ketua PP PERKI Dr. Radityo mengakhiri pidatonya.

Sementara itu Ketua Kolegium PP PERKI Dr. Renan Sukmawan, mengawali pidatonya dengan mengungkapkan hal yang senada dengan pidato Ketua PP PERKI tadi, “Pengembangan Prodi yang pada awalnya hanya ada di dua tempat Jakarta dan Surabaya, kini sudah ada 13 Prodi di seluruh Indonesia. Dan sebentar lagi akan ada 2 Prodi baru yang sedang digarap dalam tahap akhir untuk segera disyahkan, yakni di Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan) di Unsri dan di Kalimantan yang segera pula menjadi Ibukota negara kita”.

“Peta persebaran SpJP di negeri ini harus lebih luas lagi, mengingat penyakit kardiovaskular ada dimana-mana, percepatan penanganan ada dimana-mana dan geografi negara kita yang menuntut penyebaran yang luar biasa”, ungkap Dr. Renan.

“Seperti dipublish tahun lalu, kematian Kardiovaskular Indonesia nomor 3 tertinggi di Asia Fasifik, setelah Pakistan dan Filipina”, tambahnya.

“Distribusi persebaran SpJP kita ke seluruh kabupaten kota di Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama. Terutama di daerah yang boleh dikatakan 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal),” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Kolegium PP PERKI dengan bangga memperkenalkan Dr. Lyra Febrianda SpJP lulusan dari Universitas Syiah Kuala sebagai lulusan pertama kalinya dari Aceh, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir. Selanjutnya diperkenalkan pula kepada peserta, para dokter SpJP baru yang akan mengisi tempat di Morotai (Maluku Utara), di Papua (Biak, Sorong, Pakpak) dan di Atambua (perbatasan Timtim).

Suasana haru dan menyentuh sekaligus membangkitkan semangat, dirasakan oleh para peserta wisudawan tatkala Ketua Kolegium memimpin tepuk tangan bersama sebagai tanda terima kasih dan hormat kepada para guru yang diwakili oleh guru yang duduk di mimbar yang telah membaktikan hidupnya untuk memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi para muridnya….. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru…..

Suasana segera berubah gembira dan ‘sumringah’ karena acara selanjutnya adalah acara yang paliing ditunggu-tunggu, tiada lain adalah penyerahan sertifikat FIHA dan Fellowship.

Ada 164 orang konvokan dari 13 Prodi seluruh Indonesia dan 32 orang Inaugurawan yang naik panggung untuk menerima sertifikat.

 

DAFTAR PESERTA KONVOKASI

Universitas Indonesia: Azlan Sain; Bhayu Hanggadhi Nugroho; Erick Hoetama; Fikri; Gusti Ayu Temi Vidianti; Jerry Marisi H. Marbun; Kiagus Muhammad Andri Akbar; Nuriza Karuniawan; Pangeran Akbar Syah; Praise Jeremiah Hendrik; Sabrina Erriyanti; Tommy Alexander; Bayushi Eka Putra; Charles Saputra; Ervan Zuhri; Lalu M. Satrial lip Widya Atmapraja; Mochammad Rizky Hendiperdana; Arindya Rezeki’; Athikah Khairunnisa; Beta Canina Harlyjoy; Cahyo Baskoro; Christian Rendy Chandra; Ines Vidal Tanto; lwan Junianto; Jessica Putri Natalia Simbolon; Maruli Tua Sianipar; Maruli Wisnu Wardhana Butarbutar; Muhammad  lsra Tuasikal; Ratna Sari Dewi Gill; Ronaldo Simamora; Yohanes Edwin Budiman; Willy Suryawan dan Zakky Hazami.

Universitas Airlangga: llma Alfia lsaridha; Ismail Damanik; Maureen Victoria Kawilarang; Novia Kusumawardhani; Ni Putu Alit Trisna Wati; Osca Imatsu; Rizki Amalia; Teuku Yusrizal; Bagus Fitriadi Kurnia Putra; Muhammad  Firdani Ramadhan; Mohammad Satya Bhisma; Rachmat Ageng Prastowo; Achmad Shofwan  Hadi; Alamanco Kardinov Kamardikan; Ardianto Nandiwardhana; Bunga Novitalia; Denny Suwanto; Eka Prasetya Budi Mulia; Ivan Satria Pratama; Ivana Purnama Dewi; Louisa Fadjri Kusumawardhani dan Yoga Alfian Noor.

Universitas Sumatera Utara: Esra Julianda; Fildzah Yamami Rizal; Hery Diansyah Putra; Khairunnisaq; Marolop Christofer D. H. Hutapea; Muhammad Desfrianda Pane; Rahayu Septiani; Andru Aswar; Aris Albirru Amsal; Basten Jeremiah Siahaan; Zul Bahri; Ahmad Fauzan; Duas Jourgie Simatupang; Furqan Arief; Gurpreet Dhillon; Harry Andromeda; Nanda Ladita dan Teuku Thoriq Syamsul.

Universitas Padjadjaran: Arvin Martin; Evan Kurniawan; Muhammadnur Rachim Enoch; Arief Taufiqurrohman; Arief Wibowo; Michi Astuti Rehmenda M. Sitepu; Abednego Panggabean; Alexander; Andra Naufal Pramanda; Arif Ridha; Ermina Widiyastuti; Maulana Ibrahim; Reinaldo Hutapea dan Rekha Nova lyos.

Universitas Gadjah Mada: Baiq Gerisa Rahmi Faharani; Yunia Duana; Dwi Aji Sri Wasto Putro; Hafizha Herman; Anindhita Muthmaina; Erlinda Pretty Laksneri; Helvina Vika Etami; Novi Imam Persada; Nur Cahya Kuswardhana dan Zaki Horizon lslami.

Universitas Udayana: I Made Adi Satria Darma; I Made Agus Endra Permana dan Made Bagus Adipermana.

Universitas Diponegoro: Misbah Hari Cahyadi; Aulia Mustika; Maria Gita Dwi Wahyuni; Rahageng Wida Kusuma; Arman Christiawan dan Firman Noor Habibi.

Universitas Andalas: Hamzah M. Zein; M. Syaoqi; Agung Rizka Pratama; Deddy Khairul; Emelda; Nia Kasmiati; Ricky Juliardi Mezal; Rika Permata Sari; Sari Haryati; Harben Fernando dan Sisca Metasari.

Universitas Hasanuddin: Adelaide Adiwana; Muchtar Nora Ismail Siregar; Paskalis Indra Suryajaya; Edy Kumiawan; Maya Shofia; Rini Anastasia; Andi Renata Bastario Sitorus; Albert Sudharsono; Dervin Ariansyah; Doddy Moniaga; Levina Tri Ratana; Lia Susanti; Mario Tri Mulyono; Muhammad Nirsyad Saphiro; Nurhidayah dan Zulkarnain Muin.

Universitas Brawijaya: Adhika Prastya W.; Anita Surya Santoso; Harris Kristanto; Ratna Pancasari; Dyah Ayu lkeningrum; Imelda Krisnasari; lskandar; Krishna Ari Nugraha; Puspa Lestari dan Seprian Widasmara.

Universitas Sam Ratulangi: Andreas Erick Haurissa; Billy Oeiyano; David J. K. Rejosaputro; Eldwin Prayudha Widya; Andre Samuel Awaloei; Andrew Eka Pramudita Sunardi; Erlinda Apuli Rohana Saragih; Grace Pingkan Ingrid Lumentut; Harry Pribadi; Ira Posangi<; Nolly 0. H. Rantung; Patricia lgwina Wagey; Victor Bandana; Timotius Jonfrits Sumampouw dan Pricilia Liliana Chendra.

Universitas Sebelas Maret: Novitri Yulistiawati; Yusa Amin Nurhuda; Abiseka Panji Baskoro; Satrya Yudha Dwi Putranto dan Singgih Setiawan.

Universitas Syiah Kuala: Lyra Febrianda.

 

DAFTAR INAUGURAWAN

Bidang Peminatan Aritmia: dr. Aruman Yudanto, SpJP(K); dr. Fera Hidayati, SpJP(K) dan dr. Ragil Nur Rosyadi, SpJP(K).

Bidang Peminatan Ekokardiografi: dr. Nia Dyah Rahmianti, SpJP(K).

Bidang Peminatan Kardiologi lntervensi: dr. Magma Pumawan Putra, SpJP(K); dr. Firandi Saputra, SpJP(K); dr. Arief Budi Santosa, SpJP(K); dr. Novita Sitorus, SpJP(K); dr. Andrew Parlautan, SpJP(K); dr. Haris Munirwan, SpJP(K); dr. Deddy Hermawan, SpJP(K); dr. Rosi Amrilla Fagi, SpJP(K); dr. Sanggam Sinambela, SpJP(K); dr. Windhi Dwijanarko, SpJP(K); dr. Gregorius Didik Wicaksono, SpJP(K); dr. M. Husen Latief, SpJP(K); dr. Ferantie Meuthia, SpJP(K); dr. M. Andi Yassin, SpJP(K); dr. Alvin Tonang, SpJP(K); dr. Aninka Saboe, SpJP; dr. Adriyawan Widya Nugraha, SpJP(K) dan dr. Vidya Gilang Rejeki, SpJP(K).

Bidang Peminatan Kardiologi Pediatri dan Penyakit Jantung Bawaan: dr. Damba Dwisepto Aulia Sakti, SpJP(K) dan dr. Made Satria Yudha Dewangga, SpJP(K).

Bidang Peminatan Kardiologi Nuklir dan Pencitraan Kardiovaskular: dr. Saskia Dyah Handari, SpJP(K); dr. Astri Astuti, SpJP(K) dan dr. Janeline Rivana Setty Tengor, SpJP(K).

Bidang Peminatan Perawatan lntensif dan Kegawatan Kardiovaskular: dr. Fahmi ldrus Shahab, SpJP(K) dan dr. Rony Mario Candrasatria, SpJP(K).

Bidang Peminatan Prevensi dan Rehabilitasi Kardiovaskular: dr. A. A. Ayu Dwi Adelia Yasmin, M. Biomed, SpJP(K); dr. Vita Yanti Anggraeni, PhD, MSc, SpPD-KKV, SpJP(K) dan dr. Terrance Ransun, SpJP(K).

Pembacaan Janji Profesi dipimpin oleh Dr. Hananto Andriantoro, SpJP(K) selaku Ketua Dewan Etik PP PERKI.

Acara dilanjutkan dengan Do’a bersama memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk diberi kekuatan Ilmu dan kesehatan untuk memikul beban tanggung jawab yang bertambah di masing-masing pundak konvokan dan inaugurawan demi kemanusiaan dan kemajuan Kardiologi.

Dan… acara diakhir dengan foto bersama para Dais, para Guru, para Inaugurawan dan para konvokan dari masing-masing universitas.

Selamat dan Sukses !

Untuk melihat lebih banyak foto2 klik disini.